Recomendasi Author and FF

Gambar

Entah kenapa aku pengen nulis begini, mugkin karena aku sangat suka baca ff dan bingung mau baca ff diman yang bagus. Nah aku pikir past ada org2 seperti saya yang kebingungan buat baca ff yang bagus, jadi saya mau berbagi ff favorit & author yang aku suka banget. Tp kalo menurut kalian masih ada ff bagus lain belum masuk Listku boleh berbagi sama aku ya…hehehe

Tapi sebelum aku berbagi aku mau curhat dikit ya….

Dulu Film korea yang pertama kali aku suka bahkan sampai sekarang adalah Full House dan Song hye gyo Eonni adalah artis korea pertama yang aku suka dan untuk aktor Won Bin (Endless Love), tapi itu belum bikin aku K-Popers seperti sekarang—hanya sekedar suka Dramanya, bukan artisnya. Bahkan yang namanya Suju ato SNSD aja aku gak pernah dengar—samai aku nonton Dream High dan lihat Suzy Miss A. Entah kenapa aku langsung suka banget ama dia dan mulai mencari tahu tentang K-Popers. Dan sejak dari situlah aku mulai suka sama K-POP tapi tentu saja bias utamaku itu Suzy Miss A—Aku juga suka yang lain sih tapi biasa aja gak sampai ngefans—entah kenapa aku suka banget ama Suzy padahal aku bukan tipe orang yang suka mengidolakan sesorang, krn buatku mereka Cuma manusia biasa…hehehe.

Sebelum Suzy aku hanya punya 3 idola: 1. Lionel Messi—bintang Sepak bola dari Barcelona FC yang juga merangkap suamiku..kekeke J .  Aku suka dia karena dia orang yang rendah hati banget. Meski orang-orang suka olok2 dia dia gak pernah nanggepin dan marah. Dia selalu rendah hati membuat aku cinta mati ama dia. 2. Agnes Monica—kakakku yang paling aku cinta yang juga suami coi Siwon…hahahaha.  aku suka kak agnes karena semangat dia yang gak mudah menyerah meski banyak yang mencela dan juga dia berani meraih mimpinya setinggi mungkin.3. Pak SBY—yang jadi bapakku.. eh bapak kita semua dehh. Dan biasanya aku menyukai artis itu karena mereka punya sesuatu yang istimewa dan menurutku Suzy juga sgt istimewa. Dia punya sesuatu yang tulus yang membuat orang mudah menyukainya. Ah kalau anak yang satu ini luar biasa lah…

Awal mulanya aku suka baca FF itu karena gak sengaja nemu FF Suzy dan sejak itu aku iseng-iseng cari di Google ternyata banyak banget. Cuma disini aku Cuma masukin FF yang benar2 aku suka bangetttt, tapi bukan berarti yang lain aku gak suka. Aku tetap suka baca ff apa aja asal Main castnya Suzy…hehehe. jujur kalau gak Suzy aku agak malas bacanya, tapi kl Ffnya benar2 bagus meski castnya lain aku tetap baca kok. Tp sebagus apapun ff itu dan ada suzy tp bukan main cast apalagi dia jd antagonis, pst aku gak mau baca… J hehehe

Oke dari pada banyak cincong langsung saya kasih aja ya… ini dia:

Recomendasi Author:

  1. Kak Yuli Pritania

Siapa sih gak kenal kak Yuli di dunia per Ffan? Menurutku kak yuli ini adalah penulis ff paling keren bangettt. Kak yuli ini mampu menggambarkan cast dan jalan ceritanya dengan sangat bagus banget. Setiap pemilihan kata oleh eonni ini sangat keren dan bikin kita gak mau berhenti baca karyanya. Yuli eonni sudah menerbitkan beberapa Ffnya dalam bentuk novel dan sekarang dia sedang sibuk dengan project novelnya jadi belum sempat buat nulis ff baru. Tapi meski begitu aku tetap suka berkunjung ke blognya dan baca spoiler-spoiler novel terbarunya.

Ff di blog eonni ini cast namjanya Cho kyuhyun dengan OC Han Hye-na. Tp ada juga ff Suju lain…

Dulu Blog eonni pernah di tutup karena banyak banget yang plagiat ffnya dan malah marah-marah sama dia. Terus dia pindah ke Facebook tapi ternyata disana gak jauh beda. Akhirnya karena rindu atau merasa sangat sayang ama blognya dia buka lagi deh tu blog. Menurutku yuli eonni ini orangnya sedikit jutek tapi baik (hehehe..di tabok sama eonni) persis karakter Cost OC ciptaannya yaitu Han Hye-Na.

Nah buat yang tertarik dan belum pernah berkunjung buruan kesana, ini aku kasih Linknya:

http://sapphireblueoceanforsuju.wordpress.com/

 2. Kak Yuni

  • Sama seperti Yuli eonni, kak Yuni atau Unni ini juga penulis yang keren banget. Tulisannya rapi dan detail banget. Dia mampu mengaduk-aduk emosi pembacanya. Dulu pertama baca karyanya yaitu ‘Let’s Make a Baby’ di Ff indo dan langsung jatuh cinta baget. Dengan cast Lee Dong Hae dan OC’s Sung Hyosun. Tapi aku sempat sedih karena Eonni tiba-tiba bertenti nulis di Part 14 padahal aku sudah nunggu2 kelanjutannya. Usut-punya usut ternyata laptop eonni ini rusak dan datanya semua ilang. Dia sempat nulis tangan ffnya biar idenya gak ilang tp ada reader yg desak2 dia buat cepat posting tanpa mau mengerti kesulitannya membuat eonni ini malas buat ngelanjutin. Dan setelah menunggu 2 tahun akhirnya dia mau melanjut juga dan malah menambah sampai squel dan sudah tamat. Dengar-dengar eonni ini bakalan menutup blognya dalam 3bulan lagi karena dia sedang ngejain project novel, jadi yang tertarik buruan langsung berkunjung aja dan jadilah Good reader ya.. sumpah gak nyesal kalau berkunjung. Keren banget soalnya. Dan kalian akan banyak menemukan hal-hal yang tidak terduga.
  • Nah ini alamat blognya: http://unieispower.wordpress.com/

 3. Kak Fida Husni

Kalau ini adalah penulis ff komedi paling kocak. Semua ff komedi buatannya dia itu sukses buat aku ngakak setengah mati. Sayangnya eonni ini sedang hiatus padahal aku sudah kangen banget ama tulisan-tulisannya yang mampu mengocok perutmu. Dan ada satu ff yang Ending masih belum kelar dan sangat aku tunggu bgt dengat Cast Lee Dong Hae dan Oc’ tp face Suzy (sumpah ini prolognya bikin aku ketawa sampai sakit perut). Semua ff eonni ini castnya Suju terutama Kyuhyun oppa dan Donghae oppa dengan Yeoja Oc.

Nah jangan lupa berkunjung di jamin bakal ketawa-ketawa seperti orang gila…hahaha

http://fidahusnie.wordpress.com/

 4. Kak Ekha Azula

Kak Ekha ini jagonya nulis ff yang sukses mengiris-iris hati sangkin sedihnya. Aku gak tahu kakak ini makan apa ampe kalau nulis ff itu selalu sukses bikin aku berurai air mata. Dan semua ffnya kak Ekha ini aku sukaaa banget pokoknya. Semua ffnya itu Castnya My Twins Suzy Miss A dan Cast namjanya berubah-ubah. Jadi yang suka cerita melow-melow wajib berkunjung nie

http://storyfanfiction.wordpress.com/

 5. Ananda Yune

Kak Nanda ini ff juga keren banget dengat cast Yeojanya Suzy (maklum aku biasanya mau baca ff kl Cast yeojanya Suzy) dan namjanya bervariasi. Kalau kak nanda ini ceritanya cukup rapi dan keren. Aku biasanya suka baca ff itu kalau penulisannya rapi. Ff kak Nanda yang paling aku suka itu Americal Football.

Di alamat blog yang aku kasih ini ada Author lain juga, tapi aku paling suka tulisan kak Nanda, tapi yang lain juga aku suka kok. Jadi kalau mau baca disini ya:

http://baesuzyfanfictions.wordpress.com/

 6.Hyzalfina

Aduh aku gak tau nama asli kakak ini siapa, tapi pertama baca ffnya yang judul Sleeping Werewolf di Suzy Fanfiction World  denga cast: Sehun & suzy dan langsung jatuh cinta banget. Kakak satu ini karen bgt dalam nulis ff genre action. Setelah baca ff SW aku langsung cari tahu blongnya dan ketemulah:

http://milkybubbletea.wordpress.com/

tapi gak semua tulisannya ada di blog pribadinya, jadi aku kasih link ff yang dia pernah aku baca di blog lain ya.

Untuk Sleeping Warewolf & The Godess of Revenge di :

http://baesuzyfanfiction.wordpress.com/fanfiction-library/

kalau Chasing The Snake:

http://indofanfictkpop.wordpress.com/?s=Chasing+the+Snake

 7. Kafka

Kalau suka sama cerita romance Action-action, disinilah gudangnya. Author satu ini (aku ga tahu umurnya jadi bingung mau manggil apa) sangat pintar dan brilian bikin ff dgn genre itu. Awalnya aku malas baca ffnya krn cast yeojanya OC dan buka Suzy tapi setelah di baca trnyata ffnya dia keren abisss…awalnya aku Cuma iseng-iseng aja karena ada yang recomendasiin dan bilang ff buatanya dia bagus dan karena cast namjanya kyuhyun (salah satu artis yang lumayan aku suka karena sedikit iseng—aku suka tipe bad boy—hehehe) akhirnya aku baca dan ternyata benaran sangat keren..jadi buruan mampir dehh

https://kafkanisaoctaryoto.wordpress.com/

 8. Sonia

Kalau ff senia ini kebanyakan tentang Donghae-Siwon-Kyuhyun dgn OC. Author yang satu ini gaya penulisannya keren dan rada kebarat-baratan begitu. Jadi kalau baca ffnya ini serasa baca novel terjemahan gitu. Aku paling suka dengan Lovely Complex dan Angel and Damon. Nah kalo mampir ke sini aja:

http://beckhamlovesbadda.wordpress.com/

 9. Silah

Mungkin kalian para penggemar ff suzy dak gak asing ama author yang satu ini. Dia ini agak mirip aku, karena dia pernah bilang kalau dia itu suka artis Korea cuma Suzy Miss A dan teman satu sekolahnya itu gak ada yang tahu kalau dia itu K-POPer.hahahaha

Kalau tmn2ku tahunya aku fans berat Lionel Messi-Agnes Monica dan penggemar lagunya Mariah Carey, kl dia Adele. Hehehe. Dan orangnya juga asik dan kocak gitu..hehehe

Satu lagi kesaman kita kalau bikin ff paling gak bisa biki Suzy, Kristal n Sulli jadi antagonis.hehehe

Aku suka Ff silah itu karena ceritanya ringan tapi enak gitu. Gaya bahasa silah ini juga menurutku seperti penulis novel. Pokoknya Silah ini author Favorit aku banget daahhh…semua ff buatan dia aku suka tanpa terkecuali. Tp knp aku gak nulis paling atas? Krn ff Request aku belum di buatin sampe sekarang (Di lemparin Silah pake Golok…hahahaha), tp mgkin masih ada yang belum pernah mampir aku kasih Linknya nih:

http://suzyfanfic.wordpress.com/

 10. Nana

Nah ini Eonni super duper Kocak. Aku gau tahu dia makan apa, tapi setiap bikin ff komedi selalu sukses bikin aku guling-guling. Dulu pertama baca karyanya dia itu, ff yang sad and romance gitu, tp belakangan dia mulai beralih ke komedi dan sungguh aku gak bisa berhenti ketawa 5hari 5 malam..(lebay..hehehe). ffnya selalu cast yojanya Suzy dan namjanya antara EXO, Myungso atu Minho. Tp dia kurang aktif di blog, dia lebih aktif nulis di Note FB, jadi aku kasih link Fbnya aja ya:

https://www.facebook.com/nanna.dewi?fref=ts

 11. Riana Evi

Yang satu ini jga pasti sudah tidak asing lagi di telinga para Sueweeties/Baechimi. Aku ragu ada ang gak tahu sama Author satu ini. awalnya Evi ini bikin ff tentang BumSo Couple, krn dia pikir ff itu hy ttg mereka aja. Awal2 ffnya cm Bumso dan SeungYeon, tp iseng-iseng dia Masukin MyungZy dan ternyata karena responnya bagus akhirnya sekarang dia lbh foku bikin FF MyungZy dan di selipin SeungYeon.

Aku suka sama tulisan evi karena tulisannya itu rapi, simple dan mengalir jadi mudah di pahami. Dan ffnya genrenya berfariasi meskipun masih sekitar Romace gitu. Aku juga sering terbawa alur ceritanya, kadang nangis bebek, kadang ketawa-ketawa, kadang gemas, jengkel dll. Pokonya keren abis deh. Dan yang paling bikin aku senang, kalau Update dia cepat bgt! Kadang tiap hari! Aku sampai bertanya-tanya dia ini makan apa ya ampe idenya ngalirnya lancar bgt bisa posting tiap hari? Dan meski tiap hari tapi ffnya dia itu keren bgt n rapi bgt boo… typonya dikit bgt—tdk sprt saya, meski posting luaaamaaa typonya sudah kayak semut aja berkerum dimana-mana—jadi salut banget ama author satu ini.

Aku suka sama semua ffnya, tapi aku paling suka sama yang Love Hurt’s, sungguh aku nagis bebek waktu baca ff itu. Hehehe

Nah ini alamat Blognya: http://purplesqueen.wordpress.com/

Sebenarnya masih banyak yang pengen aku masukin, tapi berhubung aku sudah capek jadi segini dulu ya. Yang aku masukin itu baru authornya aja. Aku belum masukin ff yang paling aku suka, krn ada beberapa author tapi gak punya blog pribadi/ aku gak tahu blognya, jd aku cm bs recom ff mereka. tapi lain kali aja ya, karena aku da capek dan malas ubek2 google n blog orang. jd lain kali tak lanjut ya…

Nah buat kalian py rekomendasi lain tapi aku belum masukin di atas, bagi-bagi ya..itung-itung saling tukar informasi. Gak harus ff suzy kok(tp kl bs yg Main Castnya Suzy) krn yg aku recomendasiin di atas gak semua ff suzy… mudah2an bermanfaat..hehehee

PLZ… yg py recomendasi lain, bagi dongg….aku juga pengen…hehehe

37 thoughts on “Recomendasi Author and FF

  1. Ya ampun eon cerita perjalanan author suka kpopers hampir samaan kayak aku hehe
    Pertama knl drakor itu krn full house tp cmn sekedar tau aja…trus nonton deh bbf jd suka sm lee min ho dia bias pertama aku tp blm tau tentang idol di korea, suju sm snsd aja aku gak tau ._.
    Trus nonton DH, dr awal nonton udh suka sm suzy…mulai deh search tentang suzy, gara” suzy aku jd suka miss A dan jyp nation
    Beneran deh suzy itu cantiknya luar dlm ^^ jd skrg lee min ho tergeser deh suzy yg jd no 1 di hati aku hehe padahal aku kan cewk tp gak tau knp bs ngefans sm suzy, serius deh cmn suzy sm lee min ho yg aku fansin
    Mian deh thor commentnya pjg hehe
    Ini jg aku rekomendasiin…ffnya tentang suzy semua parkhy4.wordpress.com genrenya macem” dan kata”nya jg bagus loh eon

    • ia kah… wah kita korban Full house ma Dream high dong ya…hehehe
      makasih ya buat recomendasi ffnya, kemarin jg sdh ada yg recomendasiin blog itu…

  2. Asdfghjkl
    kenapa FF aku masuk kesini?
    astagaaahh
    waktu lagi ngupdet library dan liat link ini muncul T^T
    terharu…
    kenalan yuk?
    Hyzalfinna itu nama asli aku hehe, dan aku line 96, kamu? 😀

    • waduhhh masih muda bgt ya, tp tulisannya da keren bgt…
      aku Ririn, 94 line…

      hbs, aku suka bgt ama ff buatanmu, sungguh…
      keren beut…hehehe

      • Yaampuunn aku harusnya manggil kakak! #nutupmuka #kabur

        ahh, ini belum seberapa kak T.T aku nemu 98/99lines yg tulisanx kyk novel terjemahan T.T

        salam kenal kak Ririn! Makasih udah mau baca ff2 aku
        gara2 page kakak ini, aku jadi pengen buat masterlist ff aku, spaya pada gak susah nyari ff aku T.T

        • hehe
          gak usah panggil kakak gpp, aku tampangnya masih imut bgt kok..ngalahin imunya Oh Sehun malah.. hehehe

          tulisanmu gak kalah kok sama mereka. tulisanmu jg kyk novel. kata-katanya rapi dan penuh misteri bikin penasaran. kl suatu saat km bikin novel pasti aku beli ^^ (Tp kasih diskon ya..kekekeke)

          tp aku kira kamu itu lbh tua loh drku, soale lihat tulisanmu yg detail dan penuh teka-teki (bikin penasaran), aku pikir paling tdk km sdh 20thn..hehehe

          mau buat masterlis FFmu? waahhh benarkah (sambil teriak girang)… aku mendukung, siapa tahu masih ada tulisanmu yg blm aku baca. jd penasaran ^^..

  3. Wah, postingannya bermanfaat banget thor^^ Gomawo, soalnya aku juga Sueweeties jadi kalo engga Suzy engga pernah bisa ngena di hati *curcol ditunggu rekomendasi yang lain ya thor, fighting~~

  4. aku jg punya rekomen, ya mgkin bagi yg tertarik baca ff suju bisa mampir ke blog itu. authornya Marchia eonni. Menurutku (yg sebenarnya sama dgn menurut reader yg tahu marchia) penulisannya bagus ala novel, trus ide ceritanya juga gak bisa dipandang sebelah mata dan yg paling penting aku gak pernah sukses nebak endingnya kayak gimana. Marchia ini tdk hanya terpaut pada satu genre tapi selalu mencoba genre yang berbeda dengan ide yang berbeda juga dan hebatnya dia SUKSES dgn apa pun yang dy tulis, itu menurutku. Mau yg comedy, sukses bikin sakit perut. mau yg sad juga sukses mengurai air mata.. yang horror juga bikin merinding.
    rekomendasiku : I Feel In Love, My Grouble Maker Girl… The Sweet Bodyguard…serial Season..intinya semua di blog itu bagus.. ya itu menurutku 😀
    Bahkan dgn tega dalam ff “LOVELY PIGGY” dy sangat berani membuat suamiku (read : Kyuhyun) bertukar posisi dengan hewan peliharaan cewe yg Kyu taksir yaitu ehm..seekor babi, tp cerita ini belum ending jd masih penasaran.
    nah, hari ini ada project lama yg udah kutunggu2 akhirnya dipublish “UNDER THE JOSEON SKY”
    jadi misalnya kalo ada yg mau ke sana bisa ngecek di http://marchiafanfiction.wordpress.com

    • waduh ada wanita penggoda suaiku(ababg Kyu) muncul lg #asalh golok 😀
      tp krn km da ksh recemen, kt sebagi binya Kyu damai aja deh…hehehe

      wahhh masih ya buat recomendasinya….senang deh kl ada yg mau bagi2…aku suka kok baca ff Suju apa lg Kyu n Donghae tp khusus kyu cast yeojanya hrs OC atau Suzy… soale aku g rela kl Kyu di pairingin ama yeoja lain selain Suzy(kembaranku), krn aku dan Suzy itu satu jiwa jd aku relah deh kl di pairingin ama suamiku 😀

  5. O Ya, lupa.. kebiasaan buruk Marchia eonni itu selalu mem-password last part tp jangan khawatir, siapa pun yang minta password pasti di kasih.. dan jangan cemas karena Marchia Eonni itu selalu welcome dan sangat ramah terhadap readernya, dia selalu membalas komen reader sekalipun telat karena kesibukanny yg kemungkinan sgt bnyk tp setiap ada kesempatan pasti komen reader dibalas 🙂

  6. annyeong… wah perjalan suka k-popnya sama kayak aku… aku suka suzy juga gar” dream.high.. trus iseng” cari tentang dia, lama” jadi ngefans XD
    aku punya saran nih slh satu blog, biasanya castnya suzy ama exo.. ceritanya bagus”, bikin nangis
    mylittlebluedream.wordpress.com/

  7. uwaaaaa semua FF nya bagus bagus > http://storyofyoonhae.wordpress.com/2013/11/11/thereveal/ itu ff nya bagus banget! ceritanya si cewenya itu jahat dan antagonis gitu kata authornya/? tapi dia di tunangkan sama cowo yg ternyata cowo itu sudah punya pacar karna sikap tunangannya itu…. bagus deh pokoknya!!
    lalu ini…. dari author yang sama dengan ff reveal tadi > http://storyofyoonhae.wordpress.com/2013/08/04/my-stupidity-one-shoot/
    ceritanya penyesalan seorang suami karna gapernah ngelihat istrinya dan faktanya istrinya itu sudah pergi ninggalin dia karna ga mampu bertahan lagi setelah bertahun/? kalo gasalah haha
    jadi si suami niat mau ngembaliin semuanya dan alhasil dia ngajak kembali si cewe kencan dan cewenya mau. mereka buat hal hal romantis kaya foto pernikahan lagi dsb. dan tak lama kemudian dia tau kalau si cewe udah gaada dan selama ini dia ngelakuin hal hal romantis itu ga sama si cewe, tapi sendiri…. nyesek sumpah T^T tapi si cewe masih hidup kok, hanya saja lagi koma dan gabangun bangun setelah ninggaling dongha waktu itu. dan yg selama ini nemanin donghae itu adalah roh nya T^T itu aja sih min 😀 karna aku suka ff yang menegangkan atau sad ~~ hahaha :V
    masih banyak lagi sih, tp ini yg aku paling suka 😀

  8. aku pecinta suji jg nih,aku suka suji dr dream high hoho 😀
    salam kenal ya eonnie,aku 96L ._.
    Btw punya rekomendsi ff myunzy yg lain ga eon? Aku pen baca lg 😦 soalnya myungzy yg eon rekomendasiin aku udah pada baca hehe
    btw udah nntn Full House Thailan versi eon?wah bagus juga loh eon ❤

  9. Salam kenal, yup stuju sekali buat ff myungzy riana evi author debak sekali, ngalir bikin ga krasa bacanya, silah author jg bgs pemilihan bhsnya udh kyk novel aplg yg chococheesee myungzy tokoh suez smith dan el genin kombinasi yg sgt keren, yg ketiga parkhy4 authornim pertama yg bikin saya mulai tergila gila sm myungzy, ada jg ocharosalia yg sungguh ff ttg kim familynya bikin ketawa, dan eLship authornim yg selalu bikin kita bolak balik cek blog nya, intinya saya myungzy shipper yg benar2 angkat dua jempol buat author2 ini dan sepertinya sy akan mulai menyelami ff di blog ini, jadi akhir kata ijin baca ne author 🙂

  10. Noh, aku benci bgt sama author nomer 10, ka nana dewi. Dia penyebar virus mematikan *ditendang ka nana* Gegara dia aku jd minzy shipper, suka sama exo, dan yg lebih parahnya lagi DIA MEMBUATKU TAK BISA LEPAS DARI MYUNGZI. Aaaaak. *acak rambut *mulai kumat. Meski lg musim dingin, musim panas, musim panen sekalipun aku tetep jd myungzy shipper sampai sekarang. Dan makin akut. Waktu aku tanya ka nana makannya apa, dia jawab nasi. AKU GA PERCAYA. Jangan ada yg percaya sm dia. Dia makan myungsoo dan kris. *dileparMinho
    kira2 dia liat komentar aku ga ya? Bisa gawut *gawat* klo dia liat aku bisa dikeluarkan dari anggota.

  11. Sebelumnya cuma mau bilang, author update lg dongg please. Blog ini udh jd slh satu waiting list aku, bahkan aku save page blog ini di opera aku biar gampang. Kangen sm ff2 disini 😦

  12. kalo aku mau rekomen ff ” my hubby is not yours ” di strory of yoonhae tapi masih on going nyesek banget thor karna donghae plinplan milih yoona tapi dilepas dan akhirnya dia sadar dan pingin buat yoona balik lagi sama dia setelah mereka kehilangan anak mereka yang bahkan blm lahir

  13. thanks rekomendasinya , bakal aku jelajahin satu satu .kkkk~
    aku udah baca banyak karya”nya kak Evi , aku sempet galau gara” blog nya pernah di tutup. tapi untungnya sekarang udah bisa d buka lagi . aku paling seneng yang pairing nya myungzy , Because i’m MyungZy shiper .. hahaha so klo yang punya rekomendasi fanfiction MyungZy yang kereeeennn please tell me.. 😀

  14. aku juga pecinta suzy, tapi kalo aku sukanya myungzy ato suzy ma minho.. dan yang harus kamu baca itu ff nya mpit, judulnya story, tragedy and memory.. aku pernah recomend ke temenku yg gk suka suzy aja suka apalagi kmu yg suka suzy..

Leave a comment